Header Ads

Mengapa Ikan Koi Sering Melompat Keluar Dari Kolam?


Mengapa Ikan Koi Sering Melompat Keluar Dari Kolam?


Mengapa Ikan Koi Sering Melompat Keluar Dari Kolam? Semua orang pasti mengalami ikan koi nya melompat keluar dari kolam, dan mati diluar kehabisan oksigen karena diluar kolam.

Ikan koi sekarang disukai banyak orang dan menjadi trend mulai naiknya kondisi ekonomi sesorang, sehingga ingin memiliki kolam dan memelihara ikan koi sebagai penghuni kolam di rumah.

Tetapi tidak banyak yang tahu cara memelihara ikan koi yang baik. Selalu kejadian, setelah  membeli ikan saat dimasukkan ke kolam di rumah. Ikan koi selalu melompat keluar, jika kejadian melompat keluar tidak diketahui, ikan koi akan mati diluar.

Mengapa Ikan koi yang baru atau yang lama suka melompat keluar kolam?

Ada beberapa sebab yang harus diperhatikan, yang utama adalah kualitas air kolam. Sebelum kita memasuukkan ikan koi ke kolam rumah, Perhatikan beberapa saran saya :

  1. Pastikan air kolam tidak berbau semen atau cat kolam. Biasanya sebelum kolam baru dibuat akan dimasukkan ikan koi, sering ganti air dan bilaslah kolam dan sesudah bersih diamkan beberapa hari sampai tidak bau semen dan cat kolam. Karena bau tersebut adalah racun buat ikan koi.
  2. Kualitas air kolam. Air kolam yang sering dipakai biasanya air pdam. Ingat air pdam memang jernih tetapi mengandung racun untuk ikan. Karena mengandung kaporit. Untuk menghilangkan kaporit, buatlah aliran air yang lancar terus-menerus, gunakan filter yang bagus untuk menghilangkanbau kaporit. Sekarang banyak obat dapat menghilangkan kaporit. Tetapi lebih baik adalah airasi dan aliran air kolam yang lancar.
  3. Ini buat penghobi Koi pemula. Biasanya kalau sudah cinta Ikan koi akan menambah koleksi ikan koi baru. Ingat, sebelum memasukkan ikan koi baru ke dalam kolam yang sudah ada penghuni lama. Lakukan karantina ikan baru dalam beberapa hari atau 1 minggu. Dengan menggunakan air kolam, jangan air yang baru. Berikan garam ikan secukupnya untuk menenangkan ikan serta oksigen dan airasi yang lancar untuk kolam karantina. Coba masukkan 1-2 ikan koi penghuni kolam lama ke kolam karantina, untuk adaptasi lingkungan buat ikan koi baru. Karena ikan koi yang baru mudah stress di lingkungan yang baru. 
  4. Banyak parasit pengganggu ikan di kolam. Biasanya jika ada parasit, berarti PH dan kualitas air tidak bagus, sehingga parasit tumbuh cepat. Tidak hanya ikan baru yang akan melompat keluar. Bisa jadi ikan lama ikut melompat keluar.
Semoga pengalaman saya dapat membantu teman-teman untuk memelihara ikan koi di rumah. Sebagai hobi kesenangan dan ketenangan, untuk menekan kesibukan sehari-hari dan dapat memperindah kolam rumah.

No comments