Header Ads

Langkah Awal Jika Ingin Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula

Saya hanya ingin berbagi cerita. Saat pertama ingin memelihara ikan koi. Pengalaman saya yang tidak tidak tahu cara memelihara ikan koi tidak terjadi pada anda. Saat ini saya masih tetap belajar cara memelihara koi yang baik.

Sudah biasa setiap orang ingin memelihara ikan koi karena keindahan warnanya dan terlihat elegant. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika anda ingin memelihara ikan koi. yaitu

Pemilihan bibit ikan.
- Jika anda ingin mencari ikan koi, pilihlah yang sehat. Tidak ada cacat di badannya. Dan  perhatikan di badan tidak terdapat bercak jamur (biasanya warna putih), dan ikan koi yang sehat berenangnya lincah dan suka berenang beramai-ramai. Jangan dipilih ikan koi yang suka menyendiri

Kolam dan Peralatan yang harus disiapkan
- Jika anda berniat memelihara ikan koi . Siapkan kolam baru paling tidak berumur minimal 1 minggu, sudah tidak berbau semen atau cat.
- Siapkan garam ikan (bukan garam dapur ya) dapat dibeli di toko ikan. Garam ikan fungsinya untuk ikan koi supaya tidak stress saat pindah ke kolam baru. taburkan dahulu sebelum ikan koi masuk. Dan taburkan di bak ikan koi.
- Pastikan filter kolam baik dan siapkan pompa oksigen, bisa didapat di penjual ikan.
- Jika anda menggunakan air pam. Endapkan dulu beberapa hari dan putarlah dengan filter. Supaya zat racun hilang dari air kolam.

Pemindahan ikan koi ke kolam
- Sebelum dipindahkan ke kolam. Biarkan kantong ikan koi mengambang di kolam sekitar 1-2 jam. agar suhu air di kolam dan di kantong sama, sehingga koi tidak kaget atau stress
- Sesudah ikan koi masuk kolam. Kalo bisa siapkan kawat kasa penutup kolam. Berjaga saja biar ikan koi tidak melompat keluar kolam, biasanya koi stress akan melompat keluar.

Itu beberapa langkah awal untuk pemula seperti saya, semoga ikan koi anda aman-aman saja.

No comments